Berikut Spsifikasi Motor Vespa LX 125 dan Suzuki Saluto 125
Berita otomotif- Banyaknya peminat motor skutik saat ini menjadikan berbaai pabrikan otomotif saling berlomba menawarkan motor jenis ini guna memenuhi kebutuhan para calon pengendaranya. Vespa merupakan salah satu motor ikonik yang populer di Indonesia.
Baru-baru ini, untuk tetap dapat menarik perhatian penggunanya, pihak Vespa merilis motor legendaris vespa namun dengan mesin skutik seprti kebanyakan motor pada saat ini. Namun, uniknya motor ini masih mengusung nuansa klasik italia yang membuatnya tetap terlihat elegan modern.
Disamping itu, pabrikan motor lainnya seperti Suzuki juga telah memiliki berbagai jenis motor skutik yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Salah satunya yang memiliki kesamaan dengan besutan vespa ini adalah Suzuki saluto 125cc.
Vespa LX 125 dan Suzuki Saluto 125
Model skutik retro klasik punya tempat tersendiri di konsumen tanah air. Peminatnya sebetulnya cukup banyak, tapi di kelas 125cc bisa dihitung jari. Untuk pilihanya ada Vespa LX 125 kemudian Benelli Panarea 125. dan Suzuki Saluto 125. Saluto 125 sebetulnya belum masuk Indonesia.
Saat ini Suzuki ini baru ada di pasar otomotif, namun karena memiliki tampilan yang menawan cukup banyak yang membandingkannya dengan vespa LX 125. Untuk saat ini belum ada kejelasan apakah Suzuki Indonesia tertarik membawanya atau tidak.
Melihat desainnya, Saluto 125 cukup menarik. Dirancang oleh Alessandro Tartarini, desainer otomotif asal Italia yang masuk dalam daftar 100 desainer industri terbaik dunia. Garis Saluto 125 terkesan anggun meski tidak terlalu membulat ala motor retro klasik.
Skutik ini lebih tepat disebut sebagai retro modern dengan sentuhan garis lumayan tajam. Bagian lampu depannya tidak bulat tapi mengerucut di bagian bawah. Kemudian lampu seinnya juga bergaris tajam dan punya lampu DRL LED yang membuatnya lebih sporti.
Adapun desain LX 125 ini sudah sangat familer di Indonesia karena sebelum versi 125cc meluncur, model yang eksis ialah versi mesin 150cc. Desain yang kuat tercermin dari lampu bulat, dasinya simpel, sepatbor mungil, dan bentuk tepong belakang yang pas dengan desain keseluruhan menjadi daya tarik motor ini.
Seperti layaknya skutik modern, Saluto 125 tealh dibekali dengan kunci keyless. Kemudian joknya sudah pakai pop up sehingga memudahkan saat membuka tutup. Tersedia colokan charger tipe USB 5V2A untuk pengisian cepat. Panel instrumen gabungan model analog dan digital.
Untuk speedometer nya berbentuk analog sedangkan penunjuk bensin tripmeter dan lainnya sudah digital. Lampu latar dasbor pakai sensor cahaya yang secara otomatis dapat menyesuaikan intensitas kecerahan agar mudah terlihat dan sedkit meredup saat malam agar tidak silau.
Sementara itu, Vespa LX 125 pakai lampu depan LED, ada USB port untuk isi gawai, dasboard LCD, panel instrumen paduan analog dan digital, serta tersedia fitur anti teft immobilizer. Suspensi depan single arm with helical spring and single double-acting hydraulic shock absorber, suspensi belakangnya preload bisa diatur empat setingan. Rem depan disc brake 200 mm sedangkan rem belakang teromol 110 mm.