Ulik Honda PCX dan RC30 untuk Sensasi Berkendara

Berita Otomotif- Pebalap Honda HRC Castrol, Joan Mir, baru-baru ini mengungkapkan pandangannya tentang dua motor favoritnya dalam sebuah konferensi pers yang digelar di Cikarang pada 1 Februari 2025. Meski dikenal sebagai pebalap profesional yang mengendarai motor balap, Mir justru memiliki preferensi unik ketika berbicara mengenai motor favoritnya.

Menurutnya, jika berbicara soal fungsionalitas, Honda PCX adalah pilihan yang paling tepat, sementara untuk sensasi berkendara, motor jadul Honda RC30 lah yang menempati posisi tertinggi di hati Mir. Secara fungsional, saya memilih Honda PCX, tapi untuk favorit, saya lebih suka Honda RC30.

Adapun Honda RC30, yang sebenarnya dikenal dengan nama resmi Honda VFR750R, pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show tahun 1987. Motor ini diproduksi dengan jumlah yang terbatas, kurang dari 5.000 unit di seluruh dunia, menjadikannya salah satu motor legendaris di dunia balap.

Honda RC30

Salah satu alasan keunikannya adalah karena motor ini dirancang untuk memenuhi regulasi homologasi agar dapat berkompetisi di Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) yang baru dibentuk saat itu. Meski berstatus produksi massal, produksi Honda RC30 sangat terbatas dan ditujukan untuk keperluan kompetisi.

Honda memperkenalkan motor ini dengan kualitas “hand-made” oleh pekerja di pabrik Hamamatsu, Jepang, menjadikannya sebuah karya seni otomotif yang sangat dihargai para penggemarnya. Salah satu fitur paling ikonik dari RC30 adalah swingarm Pro-arm dengan lengan tunggal yang dirancang khusus untuk mempermudah pergantian roda belakang saat mengikuti balapan ketahanan.

Dapur pacu Honda RC30 mengusung mesin V4 748cc yang dilengkapi teknologi balap terkini pada masanya. Motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 113 tenaga kuda (Tk) pada 11.500 rpm dan torsi 72 Nm pada 10.500 rpm. Kecepatan tertinggi yang dapat dicapai motor ini adalah 244 km/jam, dengan akselerasi dari 0 hingga 402 meter hanya dalam waktu 10,9 detik.

Bagi mereka yang ingin meningkatkan performa, opsi Racing Kit tersedia, yang dapat meningkatkan tenaga hingga 130 Tk dengan batas putaran mesin yang lebih tinggi, mencapai 14.500 rpm. Meskipun sudah lama hadir, Honda RC30 tetap menjadi motor yang diidamkan banyak penggemar dan pebalap, bahkan di Inggris, banyak pebalap pribadi yang membeli motor ini untuk berlomba langsung di ajang setempat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry